Home » » Tips Mengobati Infeksi Saluran Kencing Kucing

Tips Mengobati Infeksi Saluran Kencing Kucing

Written By s'sinta on Kamis, 17 Juni 2010 | 20.07

ISK atau infeksi saluran kencing selain menyerang manusia juga umum diidap oleh kucing. Seperti halnya pada manusia, ISK pada kucing juga disebabkan oleh infeksi bakteri disamping karena terkontaminasinya air minum oleh kotoran. ISK makin parah saat kucing mengalami dehidrasi dan stress.
Gejala yang dapat anda amati saat kucing menderia ISK adalah frekuensi kencing yang meningkat atau berkurang, kucing tampak menggeliat atau kesakitan saat kencing. Mereka juga tampak sakit dan menghabiskan waktunya untuk berbaring. Kelakuan aneh lainnya adalah mereka jadi lebih sering menjilat alat kelaminnya dan bila anda perhatikan, pada air kencing si kucing akan tampak bercampur dengan darah.
Begitu anda menjumpai kucing anda mengalami keanehan tersebut diatas, segeralah membawanya kedokter hewan terutama bila air kencing bercampur dengan darah. Bisa jadi kucing anda mengalami suatu masalah yang serius pada saluran kencingnya. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan air seni untuk menemukan adanya kristal, darah dan bakteri serta kadar pH.
Setelah diagnosa ditegakan, dokter hewan akan memberikan pengobatan terhadap kucing anda yang didahului dengan mengurangi tekanan atau stress yang dialami kucing. Selain itu, dokter hewan juga akan memberikan cairan lewat selang infus untuk menambah asupan cairan yang diberikan secara oral. Pengaturan diet atau makanan juga dilakukan terutama makanan makanan yang kurang baik untuk kucing.
Jika ada sumbatan pada saluran kencing, dokter hewan akan memasang kateter atau selang saluran kemih. Prosedur ini memang tampak tidak menyenangkan tetapi sangat bagus untuk menyembuhkan kucing anda. Pembedahan bisa jadi dilakukan bila cara cara diatas gagal untuk menyembuhkan masalah pada kucing.
Terakhir, sebelum pulang, anda akan diberikan antibiotika untuk diberikan pada kucing anda di rumah. Berikanlah kucing anda makanan yang sehat serta air minum yang bersih dan cukup selama kucing anda dalam perawatan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Perawatan Kucing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger