Home » » Penggunaan Obat Herbal untuk Kucing

Penggunaan Obat Herbal untuk Kucing

Written By s'sinta on Kamis, 26 Januari 2012 | 23.51

Halaman 27
Oleh : Cacang Effendi

Halaman in saya tulis berdasarkan permintaan beberapa teman yang mengalami masalah dengan kesehatan kucingnya, terutama di pergantian musim seperti di bulan januari ini. Pada awal saya mulai memelihara kucing di tahun 2001, saya menemui banyak masalah terutama yang berhubungan dengan penyakit kucing, karena kurang pengetahuan dan pengalaman dalam memelihara kucing. Saya pernah mengalami kucing betina exotic saya awalnya bermulut bau kemudian sariawan dan mulutnya mengeluarkan air liur, kemudian karena mulutnya sakit tidak mau makan dan akhirnya mati. inilah awal bencana yang membuat saya mencari dan mempelajari obat2 herbal untuk kucing.

Seorang teman di Bandung memberikan masukkan untuk memberikan obat cina Lo Han Kuo untuk kucing yang mempunyai gejala sakit pilek atau lesu, Lo han kuo ini banyak terdapat di toko obat atau apotik , isi nya berupa gula fruktose, kemudian teman lain menggunakan Minyak tawon untuk membersihkan kerak di kulit kucing yang mengidap Jamur,



dari beberapa literatur saya pun mendapatkan informasi keampuhan Bee propolis untuk obat flu, kanker dan obat jamur. tentunya propolis yang di gunakan berbentuk Liquid dan tidak mengandung alkohol. lebih detail lihat http://www.freewebs.com/sacpet/obatperlengkapanpet.htm
Belum lama ini pun saya menemukan literatur tentang pengobatan dengan herbal untuk kucing. kunjungi : http://www.holisticat.com/uri.html

Berdasarkan informasi yang di dapat, saat ini kami menggunakan beberapa obat herbal diatas dalam aktifitas sehari-hari di peternakan kami.
Sebenarnya obat-obat diatas adalah obat herbal untuk manusia dan dapat di temukan di toko obat dan apotik.

1. Pencegahan dan Pengobatan penyakit kulit atau Jamur. luka, bengkak , bisul pada kucing.
    Untuk pencegahan kami selalu menggunakan air yang di campur propolis pada pembilasan terakhir setelah kucing di mandikan. caranya 5 - 10 tetes propolis di teteskam kedalam 5 lt air hangat.
Untuk pengobatan jamur 20 tetes propolis di masukkan kedalam botol minyak tawon 80 ml, kocok agar bercampur dan di gunakan untuk obat luar untuk membersihkan kucing yang ada kerak Jamurnya , luka, bengkak , bisul dll.


Untuk kasus bengkak sekitar mata akibat penyakit mata  bisa langsung mengoleskan propolis cair ke daerah sekitar mata dengan menggunakan kapas atau cotton bud yang telah di basahi cairan propolis. Propolis tidak berbahaya bila terkena mata kucing bahkan kadang proplis yang di encerkan dapat  di gunakan untuk pengobatan penyakit mata seperti radang mata atau bintik putih/ kornea ulcer.

2. Pencegahan dan pengobatan penyakit Flu kucing atau cat Flu.
Pada musim pancaroba atau perubahan cuaca yang ekstrim,Dan bila melihat kondisi kucing agak kurang sehat  misalnya mata mengecil dan banyak berair, sering bersin , nafas berbunyi , mulut berbau atau sudah terserang Flu seperti batuk dan Pilek.  kami selalu memberikan campuran Lohan kuo, Propolis pada air minum kucing, Caranya 1 bata Lohan kuo ditambah 5 Tetes propolis di campur dengan 100 ml air bersih, air itu di jadikan minuman harian kucing2 di Cattery kami. kalau sudah parah kami langsung memberikan 3 tetes propolis yang diencerkan dengan 10 ml air dan langsung di masukan kedalam mulut kucing . Tentunya penggunaan antibitil amoxilin /Clavamox juga di perlukan untuk mencegah infeksi sekunder. Bila penyakit berlanjut hubungi dr Hewan anda.
Selain itu kamipun memberikan setiap hari 1/4 sendok teh l-Lysine bubuk kedalam makanan basah untuk kucing untuk mencegah replikasi virus herpes dan calici penyebab cat flu

Dari pengalaman menggunakan obat2 herbal diatas ,Kasus cat Flu di tempat kami menurun tajam dan kami tidak pernah mengalami mulut bau,  kucing sariawan atau mouth Ulcer dan tidak ada kasus kematian yang di sebabkan oleh mouth Ulcer di temapat kami seperti awal2 dulu kami membangun cattery.


Dalam kehidupan sehari - hari saya pun menggunakan propolis ini untuk mengobati luka, bengkak, bisul. gangren, sariawan dan menurunkan gula darah akibat diabetes, Propolis ini sangat baik untuk hewan dan manusia. 

Awalnya kami membeli propolis extract non alkohol dari Guardian, tetapi belakangan kami kesulitan mendapatkannya dari outlet tersebut, yang tersedia hanya propolis yang mengandung Alkohol, ada multilevel yang mempunyai propolis non alkohol 6 ml tetapi harganya rp 100 rb - 150 rb di pasaran, akhirnya di bulan januari ini kami membeli langsung dari uniflora USA, Propolis extract non alkohol yang telah mendapatkan sertifikat FDA, ternyata produk ini jauh lebih bagus dari propolis yang telah ada di Indonesia. harga propolis uniflora ini sekitar rp 300 rb/30 ml.

Minyak tawon dan Lohan kuo banyak di dapat di toko obat atau apotik, sedangkan untuk bee propolis ekstrak yang tidak mengandung alkohol dan l-Lysine dapat di beli di http://www.freewebs.com/sacpet/obatperlengkapanpet.htm
Jangan Gunakan Bee propolis yang mengandung Alkohol, sangat berbahaya dan tidak di sukai Kucing.

Semoga artikel ini berguna untuk kita semua dan kucing-kucing anda selalu dalam keadaan sehat.

Jadilah member untuk mendapatkan cerita baru.

http ://www.kucingrimba.webs.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Perawatan Kucing - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger